Transportasi di London

Di London, ada banyak moda transportasi publik yang bisa dipakai. Ada Bus, tube (semacam kereta listrik), national rail, tram dan riverboat (meski saya sendiri tidak pernah menggunakan moda ini). Busnya ada yang double decker (yang konon British banget), single decker, bus gandeng, dan bus klasik (a.k.a old school banget). Tube-nya ada yang underground dan ada overground. National rail merupakan jaringan kereta antar kota di UK, namun bisa digunakan oleh publik di London karena masih beroperasi di beberapa titik di London. Jadinya sangat efisien jika ingin berpindah dari London Utara ke London Selatan menggunakan rail karena cenderung lebih cepat. Jika anda menggunakan mobil pribadi, selamat menikmati kemacetan di titik-titik tertentu. (Transportasi di London)

London, secara sistem travelcard, terbagi atas 9 zona. Sistem zona ini bersifat radial, semakin memusat artinya semakin dekat ke pusat kota dan itu ada di zona 1. Semakin ke luar, maka angka zonanya semakin bertambah. Zona 7-9 kurang dikenali publik karena hanya terdapat sedikit stasiun tube disana. Untuk informasi, definisi London disini adalah Greater London, bukan hanya City of London saja. Greater London kurang lebih sama seperti Jabodetabek yang merupakan gabungan beberapa kota administratif. (Transportasi di London)

Transportasi di London
Tube Map London

Sistem transportasi di London diatur oleh badan pemerintah yang bernama Transport for London atau lebih dikenal dengan TfL.  TfL mengorganisasi dan bertanggung jawab atas kebijakan mengenai moda-moda transportasi.  Masing-masing moda tadi memiliki logo tersendiri: Underground punya logo sendiri, Overground punya logo sendiri, Bus dan riverboat juga memilki logo sendiri.  Sistem transportasi di London sangat terpadu. Melalui website tfl.gov.uk, kita bisa melihat koneksi antar moda.

Keterpaduan sistem tersebut menghasilkan cara bayar yang saling terhubung. Dengan menggunakan satu kartu saja, kita bisa menggunakannya di Bus, Tube, Overground atau national rail meski ada beberapa fasilitas yang hanya bisa diakses dengan akun khusus (tapi ini sedikit sekali). Besar kecilnya biaya transpor tergantung pada jarak tempuh dan waktu penggunaan. Jika kita berangkat atau pulang pada jam sibuk (pagi dan sore hari), maka akan lebih mahal dibanding jam biasa dan akhir minggu. Untuk membayar, kita bisa membeli sistem harian atau dikenal dengan travelcard one day atau dengan cara membeli Oyster Card. Keduanya sama-sama berbentuk kartu, namun jika travelcard hanya seperti kertas, maka oyster card benar-benar berbentuk kartu. (Transportasi di London)

Travelcard ada sistemnya yang sekali jalan, bolak-balik atau bebas dipake seharian. Jika saya mau jalan-jalan selama satu hari penuh dari zona 1-4, maka biar lebih hemat saya membeli traverlcard one day for zona 1-4. Dengan begitu, saya bebas menggunakan moda transportasi (bus, rail, tube) kapan saja dimana saja selama masih dalam zona 1-4. Kartu ini cocok digunakan untuk orang yang hanya 1-2 hari di London.

Jika memang tinggal lebih lama di London, silakan beli Oyster Card. Kartu ini bisa bersifat sebagai travelcard, atau pay-as-you-go (sistem kredit) atau berlangganan. Saya dapat men-top up oyster card dengan sistem kredit (£1, £2, £5, dst), atau membeli sistem travelcard one day (jadi seharian bisa pake kemana aja dan kapan saja sesuai zonanya), atau juga saya bisa berlangganan mingguan, bulanan atau tahunan. Jd saya bisa berlangganan selama sebulan (bayar dimuka) untuk jalan-jalan sesuai dengan zona yang saya pilih. Jika dihitung-hitung, sistem berlangganan bisa lebih murah dibandingkan jika anda men-top up per hari. Maka, harus pintar memilih cara bayar yang paling hemat di London. Ya, biaya transportasi di London cukup mahal. Sebagai contoh, jika anda menggunakan tube dari stasiun A ke stasiun B (sama-sama zona 1) yang jaraknya mungkin +- 4 km, anda harus membayar £1.9 untuk sekali jalan atau sekitar Rp 26.000. Jadi, bersiaplah menikmati TfL

Transportasi di London

47 Responses

  1. mau numpang nanya dong, kalau untuk moda transportasi diluar london, semisal southampton. apa sama juga metodenya? pake osyter card dll? kalo nggak kira” gimana ya? trimakasih

    1. Halo Sina.
      Terima kasih telah mampir. Wah, saya tidak pernah ke Southampton jadi saya tidak tahu cara pembayaran transportasi nya. Beberapa kota di UK seperti Liverpool atau Oxford menggunakan sistem kartu tapi belum secanggih London. Ya, kartu diisi manual aja. Coba Sina cari di website mengenai kota Southampton.

  2. Mas Giri, apakah d bandara Heathrow tersedia travelcard one day for zona 1-6? liat d tube map bandaranya d zona 6. rencana 4 tahun lagi mau k sana setelah liat blog mas Giri.

    1. Hai Mas Noviyanto,
      Ya, ada di stasiun tube bandara heathrow ada kok loket yg jualan. Bisa juga pake mesin.
      Mudah2an mimpinya bisa tercapai.

  3. Amin mas, mas Giri d London tinggal dmn mas? apakah msi d zona 1-6? oh iya mau tanya skalian, Reading itu masuk zona berapa mas?

    1. Halo Mas Novi.
      Saya sempat tinggal di daerah Northwick Park (Zona 4) dan Ealing (zona 3).
      Reading rasanya sudah di luar London. Tak termasuk zona 1-6. Untuk lebih detail, coba search di website TFL.
      Salam

      1. Good day mas Giri, saya mau tanya nih,,
        saya kan insya Allah mau kerja di London tahun ini, tetapi pihak sana menanyakan international driving licence saya, apa mas Giri tahu mengenai itu? Mohon infonya,,
        by the way, blog mas Giri luar biasa sekali, dan tentunya helpful! terimakasih mas Giri

        1. Halo Irma,
          Selamat bekerja di London.
          Saya kurang tau mengenai dunia SIM di UK. Yang saya tahu, mahasiswa internasional diperbolehkan membawa kendaraan selama ada sim lokal. Saya ga pernah bawa kendaraan sendiri di London. Tp sy sendiri prnh bikin international driving license di daerah senayan sbg back-up plan. Mungkin Irma bisa baca-baca artikel ttg international driving license via google.
          Salam,
          Giri

          1. huwaaahh mas Giri terimakasih sudah balas pertanyaan saya,,
            Ngomong2, mas Giri punya saran atau info tidak, mengenai apa yang sekiranya harus dan akan saya hadapi di London nanti? Ya tentunya selain persiapan mental, apalagi yah kira2 hal yang harus bisa di biasakan oleh saya nantinya di sana? karena honestly saya anak rumahan, tidak pernah jauh dari keluarga selama 23 tahun, so this is the very first time buat saya jauh dr Indo dan kluarga#loh kok malah curhat >.<
            Mas Giri makasih banyak yahhhhh ^.^b have a very good day mas!

          2. Halo Irma,
            Wah, apa yang harus disiapkan? Sebenarnya sih sama aja kayak pindah kota dari Jakarta ke Bandung. Yang berubah cuma cuaca, bahasa, budaya, dan mata uangnya. Hehe.. Untuk pakaian, bisa bawa dari Indonesia. Tp kl mau beli di UK, jg oke-oke saja kok. Tidak mahal-mahal banget. Untuk makanan, bnyk restoran cina dan jg toko-toko yg menjual bahan2 masak negeri tropis. Jd ga usah takut ga ada bahan utk masak masakan Indonesia. Mgkn yg signifikan ya cuaca dan bahasa ya. Jd hrs siap-siapkan diri kl cuacanya sangat dingin. Selebihnya enak kok. Pasti nanti di UK, Irma bakal dapat temen atau bisa ikut2an acara PPI UK. So dont be affraid. Rasanya ga akan menikmati London sendirian.
            Sukses ya.

  4. Good evening, Giri…
    Saya pelajar SMA di Indonesia, setelah lulus berencana melanjutkan kuliah di Inggris, supaya nggak dipaksa balik ke Belanda haha. Maunya sih di Imperial. Kalau blh tahu, Imperial included di zone yg mana ya?
    Terus, oyster itu bisa dipakai untuk semua jenis public transportation atau gimana? Saya masih agak bingung dg sistemnya kartu itu…
    Thanks before.
    Desv.

    1. Halo Desv.
      Imperial itu di Zona 1.
      Ya, oyster bisa dipake untuk bus, tube, tram (daerah selatan), dan kereta.
      Coba buka website TFL saja jika bingung. TFl itu Transport For London. Websitenya disini http://www.tfl.gov.uk/.
      Semoga membantu dan saya doakan diterima di Imperial.
      Salam,
      Giri

      1. huwwaauuuuu makasih banyak mas Giri ^.^
        jd semangat baca blognya mas Giri,, have a very good day yah mas! semangat terus yah mas! (^.^)9

      2. eh mas, saya balik lagi nih hihihi >.<
        by the way mau tanya archway sama shoreditch itu zona berapa yah? saya masih benar2 blind untuk mengetahui zona2, udah coba googling, tapi masih bingung, mas maaf merepotkan, mohon bantuannya 🙂

        1. Ya, saya juga pertama di London jg bingung kok. Santai aja. Memang butuh waktu dan pengalaman.
          Archway itu di perbatasan zona 2-3. Shoreditch itu di zona 1. Semoga membantu.

  5. halo mas giri, saya mau tanya nih, saya ditawarin au pair 6 bulan di London, karna visa au pair untuk UK ga ada, bisa tidak yah kira2 saya pakai visa visitor dan mengatakan bahwa saya akan mendatangi rumah teman di UK? mohon saranya mas giri. Terus misalnya setelah selesai dan ada panggilan aupair lagi di uk, saya bisa gak kira2 pulang ke indo dan bikin visa visitor yang kedua kalinya untuk program au pair yang kedua. Terimakasih dan sehat selalu

  6. Halo mas, saya Tina, mau kuliah di KCL sept ini. Kira2, bikin oyster card bisa dari Indonesia atau harus dr sana? Krn saya baca jadinya sekitar 2 minggu.
    Saya jg mau tanya, mas dulu pernah tinggal di zone 3 & 4 kira2 brapa menit dari kampus mas? Pengalamannya gimana mas (misal pas winter ga enak, capek bgt, kalo mau ke perpus ribet,dll) Apakah mungkin cari kos sejak di indo? Saya rencana cari yang agak jauhan juga.
    Mohon bantuannya mas, karena sy jg tidak punya saudara yang pernah kuliah di luar. Terima kasih banyak.

    1. Hi Agustina,
      Selamat berkuliah di King’s. Semoga sukses kuliahnya.
      Bikin oyster bisa dari mana-mana. Saran saya lebih baik buat di London. Lebih mudah.
      Kampus saya di Zona 6. Saya tinggal di Zona 4. Ya, sekitar 1 jam dari tube. Zona 3-4 ke KCL sangat bervariasi karena zona 3-4 sangat luas. Ada yang di Barat, Timur, Utara, dan Selatan. Lebih enak jika Mbak Agustina sudah ada gambaran mo tinggal di daerah mana.
      Transportasi di UK sangat menyenangkan ya (jika dibandingkan dengan di Indonesia). Pas winter, ya memang terasa dingin, tapi masih wajar-wajar aja (in terms of transportation system). Capek ya relatif ya. Ke perpus juga ga ribet.
      Saran saya silakan melihat-lihat kos atau apartemen dari Indonesia. Namun, ada baiknya kita hendak deal, melihat langsung kondisi kos / apartemen shingga tidak salah pilih.
      Semoga membantu.
      Giri

  7. Halo, Giri . Aku mau tanya dong.
    Tahun ini aku kuliah di Chester dan rencananya pengen jalan-jalan dulu nih ke London. Mungkin sekitar 3 hari. Tapi ada kemungkinan aku bakal sering bolak balik ke London karena aku punya temen di sana. Lebih baik aku pake oyster atau engga in this case? Saran dong 🙂
    Thanks before

      1. Oyster card itu katanya capped, jadi walaupun kita dalam sehari travel berapa kali pun, harganya ga bisa lebih dari 1 day travelcard. Jadi kalo kita uda reach certain amount, dia bakal stop charge. Bener ga nih, Giri? Kalo gitu lebih hemat oyster dong dibanding day travelcard?
        Mohon bantuannya ya. Aku bingung banget system transport di London 😛

  8. Halo Giri,
    Tahun ini aku akan kuliah di London (1st year). Considering ada kartu 16-25 dan juga katanya ada 18+ oyster card, menurut Giri aku mesti gimana supaya bisa mendapatkan harga yg paling beneficial aka murah? Apakah harus daftar 18+ oyster card, ataukah lebih baik top up PAYG, atau malah langganan per bulan? oh ya kampus ku dan accommodation ku adanya di zone 1. Giri sendiri di London pakai sistem yang mana nih?
    Thanks sebelumnya 🙂

    1. Hi Pamela,
      Wah, saya tidak begitu paham ttg kartu 16-25 dan 18+. Coba Pamela buka dan analisis website TFL. Mudah2an akan ketemu jawabannya. Kl Pamela sangat sering jalan2, saya sarankan langganan per bulan. Itu akan lebih murah dibandingkan top up per hari selama 30 hari. Tapi kl Pamela tidak begitu sering jalan2, ya saran saya pake top up PAYG.
      Salam,
      Giri

  9. Hi Mas Giri.
    Saya mau tanya tentang komunitas indonesia, yang sudah berkeluarga tentunya, biasanya tinggal di daerah mana ya.
    Terima kasih banyak.

  10. Mas giri perkenalkaan nama saya yogie saya dpet tawaran bekerja di hotel d london dngan gaji 4000pound..apakah gaji segitu cukup untuk saya dsna terima kasih dan slam kenal

  11. Halo, salam kenal mas Giri.
    Saya Indra, mau tanya soal transport. Kalau mau naik Hop On Hop Off, apakah bisa dengan Oyster ? Atau harus beli tiket lagi secara terpisah ?
    Terimakasih ya mas.

  12. Mau numpang nanya nihh mas,, saya rencana ke london bulan depan terus saya hari pertama paling dua kali naik tube atau bis,, hari kedua saya rencana keliling london seharian naik tube atau bis beberapa kali.. saran dari mas giri sebaiknya saya membeli oyster card atau one day atau travelcard one day.. trims

    1. Halo Kisra,
      Saran saya beli oyster saja. Nanti mungkin bisa dikembalikan. Coba liat aja di website mereka apakah bisa direfund.
      Salam,
      Giri

  13. Salam Kenal Mz,

    Mohon bertanya, sy baca2 tetep irit pake Oyster Card ya,
    Saya tiba di London hari pertama sudah malam banget jam 21.30 sampai Gatwick, hari ke dua jalan2 ke Zona 1 & 2, hari ke 3 masih di Zona 1 & 2, hari ke 4 pagi2 sekali berangkat ke Paris dg Eurostar,

    Pertanyaan-nya : kalo saya beli Oyster Card dg bilang ke mb/mz petugas “please top up unlimited journeys Zones 1 & 2 for 2 days, apakah bisa mengcover perjalanan sy selama 4 haritersebut? maksud saya apakah spesifikasi 2 days itu tidak mengikat bahwa Oyster hanya bisa digunakan 2 hari, atau itu hanya mengindikasikan saldo 2 hari tanpa ada batasan waktu?

    Oiya, jam 10 malem apakah masih buka ya loket Oyster-nya di Gatwick?

    terima kasih mz, jawabannya akan sangat membantu sy sekali, krn kami 4 org perempuan semua, tiba malam sekali jd lumayan deg2an hehe…

    1. Halo Rieska,

      Semoga jawaban saya membantu. Kamu bisa pilih paket Travelcard paket harian atau paket mingguan. Kalau kamu hanya 3 hari, ya bisa beli paket harian daripada yang mingguan. Kalau cuma 1-2 zona, kamu bisa travelcard harian. Kalau kamu pakai oyser card, kamu bisa tinggal top up biasa saja. Nanti dalam satu hari, itu ada cap nya. Berapa pound gitu. Jadi selama kamu masih di Zona 1-2 dalam satu hari yang maksimal cuma bayar berapa pound sesering apapun kamu pake. Tp kl mo sampe 4 zona, ya mgkn bisa mempertimbangkan travelcard.

      Sekarang juga sudah ada pembayaran non kartu oyster seperti menggunakan mobile payment atau contactless card. Sampai Gatwick, nanti ada mesin untuk beli tiket kereta. Atau dari sekarang, beli saja tiket kereta dari Gatwick ke London. Keretanya bisa ke London Victoria atau St Pancras. Nah, nanti dari sini, baru beli tiket tube ke daerah hotel kalian. Atau berempat bisa naik cab.

      Selamat menikmati London!

      Salam,
      Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top