Berlangganan Buku di Bookabuku

Di pertengahan 2018, saya merasakan jenuh membaca buku di Kindle. Saya merasa perlu melakukan penyegaran dengan membaca buku fisik. Ya, merasakan kertas, mendengar setiap gesekan halaman yang diganti, dan mencium aroma khusus dari kertas. Sudah cukup lama saya membaca buku, koran, dan majalah secara rutin dari iPad dan Kindle. Saya sudah jarang membaca buku fisik (yang tebal) sejak 2017. Karena itu, saya merasa rindu membaca buku fisik.

Meski begitu, saya tidak tertarik untuk membeli buku fisik baru mengingat keterbatasan lemari saya. Saya terpikir untuk mencari medium yang memungkinkan saya untuk meminjam buku. Dari diskusi dengan teman dan baca-baca di internet, saya menemukan bookabuku, sebuah platform yang memungkinkan orang untuk meminjam dan meminjamkan buku secara online.

Berlangganan buku di Bookabuku
Berlangganan buku di Bookabuku

Di artikel ini, saya tidak akan berbicara mengenai tatacara atau prosedur berlangganan buku di Bookabuku. Kalian bisa membacanya dengan mudah di bagian ‘Cara Pinjam’ dan ‘Cara meminjamkan’. Secara sederhana, kita harus membuat akun, menaruh deposit, dan bisa memulai meminjam.

Ketika berlangganan buku di Bookabuku, saya dapat menyewa 2 buku langsung pada saat yang bersamaan. Ini sungguh pengalaman yang menyenangkan! Saya menyewa beberapa buku untuk merasakan kembali buku fisik (yang tebal). Beberapa hal yang menarik dari platform ini adalah:

Prosesnya mudah

Bagi saya, proses meminjam buku di platform Bookabuku cukup mudah. Mereka juga aktif berkomunikasi melalui media WhatsApp. Saya tidak menemukan kesulitan yang berarti, meskipun pada beberapa titik / proses, saya merasa perlu ada penyempurnaan.

Koleksi buku lumayan banyak dan bervariasi

Koleksi buku yang Bookabuku tawarkan cukup banyak dan bervariasi dari novel, teknik, bisnis, biografi, sampai dengan buku sekolah. Tidak hanya lengkap, kualitas buku yang dipinjamkan oleh Bookabuku juga relatif masih sangat bagus.

Harga terjangkau

Ini adalah faktor yang paling saya sukai dari Bookabuku. Dengan hanya Rp 69.000 per bulan, kita dapat menyewa buku yang harganya ratusan ribu rupiah. Saya berlangganan sekitar 3 bulan dan menyewa 3 buku. Saya hanya mengeluarkan 3 bulan x Rp 69.000 untuk 9 buku yang total harganya di atas 1 juta dan mengandung pembelajaran-pembelajaran yang luar biasa.

Berlangganan buku di Bookabuku
Beberapa buku yang saya pinjam

Setelah merasakan buku fisik, kini saya kembali ke Kindle dan iPad. Tidak lupa saya juga membeli 1 judul buku yang saya pinjam dari Bookabuku untuk versi Kindle karena isinya yang sangat menarik.

Berlangganan buku di Bookabuku sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk saya. Tidak hanya merasakan buku fisik, pengetahuan-pengetahuan dan nilai-nilai yang ada di buku tersebut tidak akan digantikan. Sebelumnya saya juga pernah berlangganan Kindle Prime, namun saya merasa buku-bukunya yang ada di fasilitas Prime tidak menarik. Kini, saya hanya berlangganan paket premium di Gramedia Digital (dulunya bernama Scoop).

Jangan pernah berhenti membaca! Saya selalu menaruh proses membaca buku di resolusi tahunan saya. Tahun 2018, saya menargetkan membaca 12 buku (tebal) dan alhamdulillah berhasil melebihinya. Membaca akan memperluas wawasan kita. Bahkan, wahyu yang pertama turun adalah Iqra yang artinya membaca. Membaca akan menghindarkan kita dari jahiliyah (kebodohan). Namun perlu diingat, selalulah membaca sesuatu dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan 🙂

The world belongs to those who read

Rick Holland

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top