Buku The Great Shifting

Pada artikel ini, saya menceritakan review atau pengalaman saya membaca buku The Great Shifting karya Prof. Rhenald Kasali. Meski buku ini sudah dirilis sejak di 2018 dan sudah saya koleksi (melalui aplikasi Gramedia Digital) sejak tahun lalu, saya baru saja menyelesaikan buku ini di Februari 2019. Membaca buku dalam jumlah tertentu selalu menjadi target atau resolusi tahunan saya.

Tiga Bagian Besar

Buku The Great Shifting ini berisikan 3 bagian besar yakni mengenai platform, kehidupan, dan bisnis. Buku ini diawali dengan penjelasan penulis mengenai perubahan dan hal-hal disruptif yang terjadi di sekitar kita.

Penulis menggunakan tata kalimat yang sederhana dan renyah disertai dengan diksi yang ringan. Banyaknya contoh foto, ilustrasi, dan grafik memudahkan pembaca untuk menghubungkan dengan kejadian nyata dan mengingat di dalam pikiran. Penulis sering mengangkat sejarah atau cerita di masa lalu yang kemudian dihubungkan dengan masa kini agar ada nilai atau kisah yang bisa dipelajari, seperti misalnya mengenai kepunahan VOC atau Menara Saidah.

Pada bagian Platform, penulis banyak menceritakan mengenai platform: bagaimana ‘produk’ berubah menjadi ‘platform’. Platform disini bukan berarti platform aplikasi atau sejenisnya. Platform disini lebih mengarah pada proses mempertemukan dua atau lebih pasar dengan menggunakan teknologi dalam rangka meningkatkan customer value.

Penulis juga rajin mengutip artikel-artikel atau buku-buku terkini mengenai platform, salah satunya mengenai Network Effect yang diadaptasi dari buku Platform Revolution karya Geoffrey Parker, Marshall Van Alstyne, dan Sangeet Paul Choudary. Dalam satu paragraf di buku ini, dikatakan bahwa ‘produk’ adalah sebuah platform yang dipakai untuk satu atau beberapa jenis barang, sedangkan ‘platform’ adalah sebuah struktur yang dijalani sekaligus untuk mempertemukan beragam kebutuhan. Penulis banyak mengambil perusahaan-perusahan rintisan sebagai ilustrasi. Ya sebut saja GoJek, Tesla, AirBnb, Amazon, dan sebagainya. Pada bagian ini, penulis juga menjelaskan mengenai jenis industri yang menjadi sasaran ‘platform’, cyberspace, shifting dari owning ke sharing (sharing economy), perkembangan di dunia teknologi seperti Big Data, 3D printing, proses Real time, dan sebagainya.

Buku The Great Shifting
Buku The Great Shifting

Pada bagian kedua, yakni kehidupan, penulis mencoba menghubungkan platform tadi terhadap aspek-aspek kehidupan kita seperti kesehatan, pendidikan (termasuk mengenai kehadiran MOOC), leisure, budaya, termasuk shifting dari kota ke desa. Pada bagian ketiga, yakni Bisnis, penulis mengangkat mengenai industri-industri yang terkena atau menjadi pendisrupsi seperti insurtech, fintech, (online) game, advertising, commerce, factory outlet, dan sebagainya.

Inspiratif

Buku ini sangat menarik untuk dibaca terutama bagi orang-orang yang jarang membaca artikel-artikel terkini atau bagi yang belum begitu melek terhadap teknologi / startup / pendisrupsi. Buku ini merangkum banyak perspektif dan pemikiran dari penulis-penulis buku atau artikel ternama ditambah dengan perspektif seorang Rhenald Kasali.

Dengan hanya membaca buku ini, pembaca bisa mendapatkan informasi yang sangat banyak mengenai digital shifting yang terjadi di kehidupan kita. Penulis, yang rajin mengangkat kisah-kisah perusahaan baik lokal maupun internasional, memberikan wawasan kepada pembaca, terutama yang di bagian strategis atau manajemen, untuk belajar dari kegagalan / keberhasilan guna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Penulis mengangkat contoh dari perusahaan kecil, BUMN, media, jamu, sampai dengan level MNO.

Untuk orang-orang yang sangat rajin membaca artikel mengenai teknologi ataupun startup, beberapa hal yang disampaikan mungkin bukan merupakan hal baru. Saya sendiri sangat menikmati membaca buku ini. Buku The Great Shifting ini layak dikoleksi karena memberikan banyak informasi yang berharga terkait dengan pekerjaan saya di industri startup dan teknologi.

Jika tertarik membaca buku, kamu bisa membelinya di Gramedia atau di toko buku (baik daring atau luring) lainnya. Ayo mari membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *